Review: Ao Haru Ride (Blue Spring Youth)

Masa muda masanya para remaja

Manis asem asin ramai rasanya

Masa remaja pasti punya kenangan tersendiri. Bagi yang (merasa) udah tua (ahahaha), mungkin masa remaja dikenang sebagai masa-masa yang alay nan ababil, dimana kita belajar gimana cara mengambil keputusan dan bertanggungjawab atas itu. Apapun keputusan yang diambil, baik tepat atau tidak, itulah proses menuju pendewasaan.

Masa remaja pasti dinanti. Bagi anak muda yang baru saja melewati fase tumbuh kembang usia sekolah, masa remaja mungkin dinanti sebagai ajang aktualisasi diri. Masa remaja juga ditunggu sebagai momen untuk menata ulang kehidupan yang gak disukai waktu kecil. Karena itulah kita sering kaget kalau ternyata teman-teman sekolah dulu sifatnya begitu remaja 180 derajat bedanya. Ya, itulah proses menuju dewasa.

Kira-kira inilah hikmah yang ingin disampaikan Sakisaka Io saat membuat manga Ao Haru Ride yang lagi happening banget saat ini. Baru sampai 25-30an chapter, udah dibuat pula anime dan live-actionnya! Nah, kali ini yang diulas hanya anime aja ya. So, no manga spoilers 🙂

Alkisah ada seorang gadis manis bernama Yoshioka Futaba yang berkeinginan untuk menata ulang hidupnya karena pengalaman yang gak mengenakkan saat masih SMP. Futaba itu manis dan cantik, makanya dimusuhi sama cewek-cewek di sekolahnya karena banyak cowok yang suka padanya *aiiih*

Oleh karena itulah, saat masuk SMA, Futaba berniat akan jadi cewek yang tomboy dan urakan biar ga dimusuhi lagi. Baginya, teman-teman perempuan lebih berharga dibandingkan laki-laki. Bahkan sampai bikin statement kalau dia gak suka cowok hahaha (demi dapetin temen cewek booo…). Tapi tenang aja, Futaba masih normal kok. Ia masih suka sama cowok, teman SMPnya dulu yaitu Tanaka Kou. Cinta pertamanya yang belum bisa dilupakan.

Nah suatu hari ternyata Futaba gak sengaja menabrak seorang cowok yang mengingatkannya pada Kou. Tapi, kok beda ya? Fisiknya beda, suaranya beda, bahkan cara ngomongnya juga beda. Entah mengapa Futaba merasa itu Kou. Sampai pada akhirnya mereka bertemu di tempat pertemuan pertama mereka di samping kuil (saat itu hujan rintik-rintik), dan ternyata benar, cowok itu Kou. Tapi, Kou yang sekarang beda dengan yang dulu. Mereka akhirnya confess bahwa mereka saling suka tapi…. keadaan udah berbeda sekarang. We can’t go back to that day…..

Yoshioka Futaba

futaba_yoshioka_39239

Cewek girly ini sengaja membuat image-nya sebagai cewek tomboy nan urakan bin gradakan agar gampang dapat teman cewek. Tapi akhirnya ia sadar kalau teman yang sejati itu teman yang menerima kita apa adanya, gak ngomongin di belakang, dan bisa motivasi kita untuk move forward alias jadi diri yang lebih baik lagi. Futaba jadi tahu mana yang bisa dijadikan teman dan akhirnya kembali ke dirinya yang semula. Karakter Futaba waktu SMP lebih kalem, pendiam, dan segan mengutarakan perasaannya. Saat SMA inilah Futaba berusaha berubah menjadi yang lebih baik lagi dan terlihat dari karakternya yang sekarang lebih cheerful, optimistic, dan lumayan bawel.

positively futaba

let’s move forward guys!

Setelah ditolak Kou, Futaba makin penasaran. Apa yang membuat Kou jadi begini? Dalam anime season 1 ini diceritakan bagaimana usaha Futaba menyelidiki apa yang terjadi pada Kou. Futaba-lah yang akhirnya mampu membuka hati Kou dengan usaha pantang menyerah. She is really KEPO. Yep, KEPO IS CARE, isn’t it?

Mabuchi Kou / Tanaka Kou

tumblr_inline_nbhrpoFE2S1re0l8o

Ini first love-nya Futaba. Futaba juga ternyata first love-nya Kou. Tapi ada suatu hal yang terjadi dan mengubah hidup Kou secara drastis. Masalah keluarga dan kematian orangtua membuat kepribadian Kou menjadi tertutup dan pesimistis. Karakter Kou saat SMP ceria, senang tertawa, pemalu, yaaa adorable lah pokoknya. Tetapi sekarang ia menjadi Kou yang diam, sinis, kasar, cuek… tapi sebenarnya tsundere. Kou ini contoh orang yang terjebak di ruang nostalgia *raisa singing* dimana ia gak bisa merasakan cinta dan kasih sayang orang disekitarnya karena masih terjebak di ruang nostalgia.

neko nyaaaaan <3

neko nyaaaaan ❤

Disaat keluarganya hopeless, Futaba-lah yang menjadi cahaya bagi Kou. Cuma Futaba yang berani mendobrak pintu hati Kou yang gak ada lubang kuncinya. Berhubung sebenarnya Kou masih suka sama Futaba, jadi omongannya Futaba masih didengarin daripada kakak dan ayahnya hahaha… dan di season ini kita lihat gimana perubahan Kou perlahan-lahan menjadi orang yang peduli dengan dirinya sendiri dan orang lain.

Makita Yuri

Ep2ss5

Yuri ini sahabat pertama Futaba di SMA. Sahabat yang benar-benar sahabat ya, bukan yang angin doang 😛 Ia yang menyadarkan Futaba kalau emang nasibnya jadi orang cantik apa salah? Orang-orang berdandan cantik biar orang lain tertarik, terus kenapa kalau kita (orang cantik) seperti itu juga malah dimusuhi? Just be yourself! Karena prinsipnya itulah menjadikan Yuri sukses dimusuhi dan dijelek-jelekkan oleh cewek-cewek tapi malah disukai cowok-cowok di kelasnya.  Yuri ini memang orangnya cute banget, suaranya cute, yaaa cewek banget deh pokoknya. Dan ia gak keberatan jadi sendirian di kelas, beda dengan Futaba yang rela berubah demi mendapat teman.

Merasa senasib, Yuri dan Futaba langsung klik dan jadi sahabat. Bahkan udah gak canggung lagi bahas tentang cowok yang mereka suka, yaitu Kou. Ya, Yuri naksir juga sama Kou. Oo.. di anime ini kita bisa lihat gimana rival percintaan ala sahabat perempuan, yang ternyata saling support tapi pantang menyerah dan berusaha mendapatkannya dengan fair (tanpa sikut-sikutan ala sinetron Indonesia).

Kominato Aya

aya_kominato_61032

Ini sahabat pertama Kou di SMA. Yep, sahabat yang benar-benar sahabat dan baru ketemu waktu Kou pindah dari kelas akselerasi ke kelas regular. Kominato ini orangnya fun, optimis, rame, dan perhatian. Ia sering ngasih masukan buat Kou. Kominato naksir berat sama Shuuko sejak kelas 1 SMA dan selalu cari perhatiannya Shuuko walaupun tahu Shuuko suka sama orang lain *pukpuk Kominato* Di season ini mungkin perannya Kominato lebih sebagai agen pencerah suasana, tapi di manga (dan mungkin di season 2-nya) peran Kominato lebih besar dalam upaya penyelesaian masalah Kou dan Futaba.

Murao Shuuko

Murao_shuuko_anime

Shuuko ini cantik, natural beauty sebutannya. Tapi orangnya dingin, gak mau bergaul dengan yang lain. Diam-diam ia suka sama gurunya yaitu Tanaka Yoichi (yang tak lain adalah kakaknya Kou).  Nah, akhirnya di kelas 2 ini Shuuko bisa punya teman baru berkat pemilihan perwakilan kelas dan acara. Jadi, modusnya Shuuko mengajukan diri buat jadi perwakilan acara kelas agar bisa ketemu sama Tanaka-sensei saat LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan). Shuuko kalau di depan Tanaka-sensei keluar girly-nya karena terkesan sama sifat childish-nya Tanaka-sensei. Berkat LDK itu, Shuuko dapat teman baru sesama perwakilan kelasnya, yaitu Kou-Futaba (Ketua Kelas), dan Yuri-Kominato (perwakilan acara).

Tanaka Yoichi

Tanaka_youchi_anime

Kakaknya Kou. Sayang banget sama Kou dan begitu juga sebaliknya. Tapi karena perceraian keluarga yang memisahkan mereka (Yoichi ikut ayahnya, Kou ikut ibunya) ditambah kematian ibunya membuat hubungan mereka renggang banget. Walaupun Yoichi terus-terusan berupaya membuka hati Kou, usahanya belum berhasil. Makanya dengan adanya Futaba yang KEPO abis membuat Yoichi jadi semangat lagi dan mendukung mereka dari jauh. Yoichi ini walaupun udah jadi guru SMA sikapnya masih childish, tapi lucu. Sifatnya ceria dan positif banget. Ia menaruh perhatian pada Shuuko karena Shuuko selalu sendiri dan gak mau bergaul dengan anak lain. Tapi ternyata perhatiannya itu menumbuhkan rasa cinta di hati muridnya sendiri. Merasa hubungan guru-murid itu gak pantas, makanya Yoichi selalu menjauh. Tapi entah mengapa diam-diam seperti ada persaingan antara ia dan Kominato.

ao-haru-ride-6

here they are.. aoharaido family ❤

Nah, dari penjabaran karakter diatas kayaknya ini anime shoujo banget ya? Seputar percintaan banget nih kayaknya. Tapi kalau kalian nonton (dan baca manga-nya) sebenarnya gak melulu soal cinta yang dibahas disini. Proses pendewasaan sangat ditonjolkan, dan digambarkan secara halus dari segi karakteristik tokoh-tokohnya yang realistis. Pasti anak-anak remaja rata-rata seperti itu. Kegalauan Futaba dalam mengambil keputusan menjadi poin plus anime ini. Kita jadi merasakan dan ikut galau, kalau jadi Futaba, keputusan apa yang akan kita ambil ya?

ao-haru-ride-0504

Dan seperti yang diutarakan di awal tentang masa remaja, proses aktualisasi diri dan pencarian jati diri itu sulit, tapi kita bisa mengambil langkah yang tepat jika kita juga berbagi dengan orang yang tepat. Kalau nggak, bisa kejadian salah gaul. Berbagi dan bergaul dengan orang yang salah menjadikan karakter kita ikut arusnya juga. Human grow with nature and nurture. Nature didapat dari genetik, sedangkan nurture adalah stimulasi lingkungan yang didapat dari interaksi dengan orang sekitar. Maka dari itu, pentingnya memilih sahabat yang benar-benar baik dan mendukung kita menjadi orang dewasa yang lebih baik.

akankah cinta mereka bersatu?

akankah cinta mereka bersatu?

Futaba dan Kou sungguh beruntung akhirnya menemukan sahabat sejati yang turut memberi andil dalam kehidupan remajanya. Dan anime ini masih awal, konflik utamanya masih belum terjadi. Kalau udah baca manga-nya, setelah episode terakhir inilah terjadi pergolakan batin yang menguras pikiran dan tenaga *lebay* dan sejujurnya ikut kesal juga karena langkah-langkah yang nantinya diambil oleh dua tokoh utama ini. Jadi tontonlah anime ini mumpung masih banyak adegan romantisnya di awal hahahaha…

Oke, untuk artwork-nya sendiri, personally I think manga is better than anime. Goresan tangan Sakisaka Io masih lebih smooth dan cakep dibandingkan anime-nya (sorry to say). Kemudian dari segi musiknya oke, OST-nya asik banget terutama openingnya dari ChiCho, background music juga oke. Still, it’s recommended to you J

So, happy watching everyone!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s