Review:  Zankyou no Terror (Terror in Resistance)

Akhir-akhir ini anime yang jadi hits dengan storyline yang ciamik rata-rata diangkat dari komik, novel, maupun light-novel. Lantas kamu berpikir, ada gak sih anime yang ceritanya original tapi kerennya ga kalah sama anime saduran? Of course, yes! And I’ll present to you an awesome anime to watch: Zankyou no Terror!

Anime karya dari Shinichiro Watanabe (Cowboy Bebop, Samurai Champloo) berkisah tentang terorisme. Tapi, BTB alias bukan teroris biasa. Kedua tokoh utama yang disebut teroris ini ternyata memiliki misinya tersendiri atas serangkaian terror yang mereka lakukan. Diawali dari pencurian material nuklir di Aomori (dan mereka meninggalkan pesan ‘VON’) yang menjadi misteri bagi pihak kepolisian. Polisi hanya mendapat petunjuk bahwa pelakunya yaitu dua anak remaja! Wow!

Enam bulan kemudian, kedua remaja itu masuk ke sebuah SMA di Tokyo. Apakah tujuan mereka? Hmm.. sepertinya menjadi ‘anak SMA biasa’ sebenarnya adalah kamuflase bagi mereka untuk menjalankan misi utama, yaitu meneror Tokyo!

Nine / Kokonoe Arata

zankyou - 03

He’s the main character. The man behind all the plans. Nine merupakan anak yatim piatu yang ditampung di sebuah rumah bersama anak-anak lainnya sejak kecil. Di akhir cerita baru terungkap kenyataan dibalik penampungan anak tersebut dan apa yang menjadi tujuan Nine dan partner-nya Twelve. Rumah penampungan itu ternyata menjadi laboratorium eksperimen (yang disebut Proyek Athena) dimana anak-anak telantar dijadikan bahan percobaan demi menciptakan manusia yang super. Ya, anak-anak itu disuntikkan bermacam-macam zat yang bisa mengaktifkan otak mereka secara penuh, tapi efek sampingnya gak main-main. Anak-anak yang fisiknya kurang kuat untuk menahan efek dari obat-obatan tersebut bisa meninggal. Sadar bahwa tempat itu mengerikan, akhirnya Nine dan Twelve memutuskan kabur dengan berpura-pura ada kebakaran. Ya, anak sekecil itu bisa merencanakan sedemikian rupa, mengelabui petugas yang ada, dan akhirnya mereka berdua bisa kabur dengan selamat.

nine <3

nine ❤

Nine menyamar menjadi anak SMA dengan nama Kokonoe Arata. Karakternya cool, tatapan tajam, gak banyak omong, dan… ganteng (apalagi kalau kacamatanya dilepas :P). Pengaruh obat-obatan yang diterimanya waktu kecil membuat otaknya superior. Ia bisa membuat berbagai macam bom, dari yang daya ledaknya kecil sampai besar; jago coding (bisa menerobos CCTV dan website pemerintah); jago elektro; ya pokoknya semua alat-alat yang digunakan dalam aksi mereka dibuat sama Nine. Ia juga yang merancang teka-teki untuk polisi (memakai kisah Oedipus sebagai teka-tekinya) dan dikenal publik sebagai Sphinx 1 dalam video aksi mereka.

Twelve / Hisami Touji

Zankyou-no-terror-1

Twelve ini sohibnya Nine dan berasal dari tempat penampungan yang sama. Dalam aksinya, Twelve kebagian peran sebagai orang lapangan (yang naruh bom, yang nganterin ini-itu pakai moge-nya yang keren). Berbeda dengan Nine, Twelve ini orangnya ramah, lembut, dan pecicilan. Tapi kalau udah senyum rasanya agak horror hahaha.. Seiring berkembangnya cerita, nantinya si Twelve ini yang pendiriannya mulai goyah, galau karena ada sosok Lisa yang mirip dengan salah satu anak di penampungan. Akibatnya, Twelve dan Nine mulai gak sinkron dan demi Lisa (yang waktu itu ditangkap dan dipasangi bom sama Five) Twelve rela membocorkan lokasi bom atom yang nantinya digunakan sebagai senjata pamungkas. Twelve menyamar jadi anak SMA dengan nama Hisami Touji dan dikenal publik sebagai Sphinx 2.

senyumnyaaaa... *horror*

senyumnyaaaa… *horror*

Mishima Lisa

ZnT-OP-1-3

Lisa adalah salah satu siswi di SMA yang dimasuki Nine dan Twelve. Mereka pertama kali bertemu di depan kolam renang sekolah (tanpa sengaja). Waktu itu, Lisa yang memang korban bullying dipaksa nyebur ke kolam sama geng cewek. Saat Lisa ketakutan, tiba-tiba muncul Twelve dari langit (yeah, dari langit! Hahaha) nyebur ke kolam dan dengan entengnya ketawa-ketiwi disana. Lihat tingkah aneh Twelve, geng cewek itu gak jadi gangguin Lisa lagi (ngeri kali ya ngeliat ketawanya Twelve).

i wanna be spinx 3!

i wanna be spinx 3!

Kemudian, Lisa ketemu lagi sama Nine dan Twelve saat ada pemboman di suatu pusat perbelanjaan. Lisa ‘diselamatkan’ sama Nine dan Twelve, tetapi harus pilih gabung jadi sekutu atau mati (karena Lisa tahu mereka otak dari pemboman itu). Lisa memilih menjadi sekutu dan gerak-geriknya diawasi oleh Nine dan Twelve. Lisa ini sepertinya punya banyak masalah di rumah maupun sekolahnya sehingga ia gak punya semangat hidup. Karakternya kalem, lemah, apa-apa dipendam dalam hati, dan ternyata gak bisa masak pula. Setelah kabur dari rumah, ia dibawa Twelve ke markas mereka dan sejak saat itu ia seakan merasa punya semangat hidup lagi karena lihat Nine dan Twelve.

Shibazaki Kenjirou

zankyounoterror3eps-4

Detektif polisi yang hebat tapi karena pernah ada suatu kasus ia dimutasi ke bagian arsip. Shibazaki ikut terlibat dalam penyelidikan Sphinx setelah ia nonton videonya dan sadar kalau teka-teki yang mereka pakai itu sumbernya dari kisah Oedipus. Akhirnya Shibazaki dimasukkan menjadi salah satu tim khusus investigasi dan dengan otaknya yang cemerlang ia berhasil menyelesaikan teka-teki yang ada. Penampilannya yang urakan, berantakan, cuek, dan suka merokok bikin ia diragukan sama anak buahnya. Akhirnya berkat cara kerjanya yang gesit dan detail, ia menjadi sosok leader underground bagi polisi yang lain saat FBI mengacak-acak dan mengambil alih penyelidikan. Shibazaki jugalah yang menjadi harapan bagi Nine dan Twelve untuk mengungkap kekejian Proyek Athena ke publik melalui teka-teki bom yang selama ini dibuatnya. Ya, hanya Shibazaki yang sadar tujuan dibalik serangkaian terror bom yang dibuat Sphinx.

that's right, shibazaki-san!

that’s right, shibazaki-san!

Five

15278292341_28ac1550d3_z

Five adalah satu-satunya korban selamat dari Proyek Athena, yang artinya ia paling tahan dengan segala percobaan yang diberikan ke tubuhnya. Setelah itu ia menjadi salah satu pimpinan agen FBI dan ditugaskan untuk membantu kepolisian Jepang menangkap Sphinx. Berkat otaknya yang encer, ia tahu kalau Sphinx itu tidak lain adalah ‘kawan-kawannya’ sendiri, Nine dan Twelve yang kabur dari tempat penampungan. Tetapi ternyata Five menyimpan dendam dan perasaan kepada Nine karena merasa Nine lebih hebat dibanding dirinya. Itu terbukti ketika Nine dan Twelve bisa kabur tanpa diketahui oleh petugas (Five juga diajak kabur tapi ternyata ia membohongi Nine).

i just wanna play with you, nine!

i just wanna play with you, nine!

Five bisa dibilang tokoh antagonis dalam anime ini. Bukannya membantu kepolisian, ia malah mengacak-acak penyelidikan dan adu strategi untuk mengalahkan Nine. Tindakannya ekstrim, gak segan-segan memakan korban demi mengalahkan Nine. Dari situlah Shibazaki dan polisi lainnya sadar kalau sebenarnya Sphinx ini meneror bom tanpa memakan korban (tidak pernah ada korban yang jatuh karena udah dievakuasi duluan sama Nine dan Twelve). Berbeda dengan Five, agen FBI tapi sengaja makan korban dalam setiap aksinya. Akhirnya aksi Five ini sering dihambat oleh Shibazaki dan rekannya sendiri – walaupun Five lebih pintar dan selalu punya cara lain.

nine-twelve combi <3

nine-twelve combi ❤

Oke, dari penjelasan karakter diatas bisa dibayangkan kalau anime ini ‘suram dan kelam’. Benar-benar tercipta suasana tersebut terutama dari OST-nya yang unik dan suram, juga background music dari Yoko Kanno yang kelam tapi elegan. Artwork-nya bagus banget, tone-tone warna yang dipakai cenderung pastel dan pucat yang menjadikan anime ini beda dari yang lain. Nonton anime ini serasa nonton psychology thriller-nya Hollywood. Alurnya pas, kesan misteriusnya dapat, semua rahasia diungkap perlahan-lahan di tiap episodenya.  Walaupun bisa dibilang anime ini sad ending tapi entah mengapa terasa heartwarming, dimana kita ikut mendoakan Nine-Twelve dan berharap gak ada lagi anak-anak yang mengalami nasib seperti merekaOverall, anime ini bagus banget, keren, dan rasanya kalau dibuat live action-nya akan mudah karena artwork dan setting anime ini udah keren kayak movie beneran.

hi, we are sphinx!

hi, we are sphinx!

Pesan moral juga buat para polisi agar benar-benar ditelusuri dulu apa motif dibalik aksi kejahatan, buka mata-telinga-hati, jangan asal ciduk dan berprasangka sama ‘penjahat’ hanya karena mereka meneror masyarakat. Pasti ada pesan yang ingin mereka sampaikan dibalik serangkaian terror dan itulah tugas polisi untuk menyelidiki akar dari masalah tersebut. Jangan sampai dahannya aja yang dipotong, pastikan cabut sampai ke akar-akarnya. So, happy watching everyone!

4 comments

  1. andra · November 16, 2014

    keren

    Disukai oleh 1 orang

    • citratrisdiana · November 16, 2014

      Yup bener banget, salah satu anime terkeren tahun ini. Makasih ya sudah berkunjung 🙂

      Suka

  2. Karlina Nisa · Juni 18, 2015

    mantap banget kak!! Penjelasannya lengkap n bahasanya lugas, info ttg para karakternya juga keren banget XD seneng banget aku bacanya X3

    Suka

Tinggalkan komentar